Senin, 19 September 2011

Topologi Fisik

Topologi adalah struktur fisik yang terdiri dari komputer, jalur (kabel), switch dan perangkat pendukung jaringan komputer lainnya yang mampu menampilkan gambaran fisik dari suatu jaringan komputer. Berikut adalah jenis-jenis toplogi dalam jaringan komputer :

- Topologi BUS
Topologi BUS memiliki karakteristik sebagai

berikut :

a. Komputer-komputer dihubungkan secara serial di sepanjang kabel, dan pada kedua ujung kabel ditutup dengan terminator.

b. Sangat sederhana dalam instalasi, juga sangat ekonomis dalam hal biaya.

c. Paket-paket data saling berkumpul pada satu kabel, sehingga jika komputer yang terhubung sangat banyak, kinerja jaringan menjadi menurun sebab terjadinya collision (tabrakan data).

d. Tidak diperlukan konsentrator (hub) pada jaringan seperti ini, yang banyak diperlukan adalah T-Conector pada setiap Ethernet card (Card Jaringan). Hub adalah perangkat keras yang membagi jaringan dari satu titik menjadi banyak titik jaringan.

e. Kabel yang digunakan adalah kabel

Coaxial RG 58

f. Problem yang sering terjadi adalah, jika salah satu Ethernet Card rusak, atau tegangan pada kabel jauh diatas atau dibawah 50 ohm (untuk kabel coaxial RG 58), maka jaringan keseluruhan dapat down (mati), sehingga seluruh komputer tidak bisa berkomunikasi dalam jaringan tersebut (disconnect).








- Topologi Ring
Topologi ring memiliki karakteristik

sebagai berikut :

a. Komputer-komputer dihubungkan secara serial di sepanjang kabel, dengan bentuk jaringan seperti lingkaran (cincin).

b. Sangat sederhana dalam layout.

c. Paket-paket data mengalir dalam satu arah sehingga collision (tabrakan data) dapat dihindarkan.

d. Kabel yang digunakan adalah kabel Coaxial RG 58

e. Problem yang dihadapi sama dengan topologi bus.

- Topologi Star
Topologi star memiliki karakteristik sebagai

berikut :

a. Setiap komputer berkomunikasi langsung dengan konsentrator (hub), jadi traffic data mengalir dari komputer ke konsentrator, kemudian data tersebut di kirim (broadcast) ke seluruh komputer yang terhubung ke konsentrator tersebut.

b. Karena setiap paket data yang masuk ke konsentrator kemudian di broadcast (dikirim) ke seluruh komputer yang terhubung ke konsentrator, maka jika komputer yang terhubung sangat banyak (misalnya memakai hub yang 24 port, dan seluruh port terisi), collision akan semakin sering terjadi sehingga kinerja jaringan menurun. Namun hal ini tidak terjadi jika hub diganti dengan switch hub, sebab switch hub memiliki kemampuan untuk memilih satu jalur tujuan data, tidak di broadcast ke seluruh port.

c. Sangat mudah dikembangkan sebab setiap komputer hanya terhubung secara langsung ke konsentrator.

d. Jika salah satu komputer rusak atau Ethernet Card (Card Jaringan) rusak, ataupun salah satu kabel putus maka keseluruhan jaringan masih tetap bisa berkomunikasi, tidak terjadi down pada network keseluruhan.

e. Tipe kabel yang digunakan biasanya kabel UTP (Twisted Pair).
Penggunaan kabel pada topologi
Topologi Fisik
Jenis Kabel
Tipe Protokol
Bus
Twisted Pair
Coaxial
Fiber
Ethernet
LocalTalk
Ring
Coaxial

Fiber
Token Ring
Star
Twisted Pair
Fiber
Ethernet
LocalTalk

Data Terminal Equipment
 Dalam transmisi data komputer, DTE (Data Terminal Equipment) adalah RS-232C antarmuka yang menggunakan komputer untuk bertukar data dengan modem atau perangkat serial lainnya. Untuk informasi lebih lanjut tentang antarmuka DTE dan hubungannya dengan antarmuka Peralatan Komunikasi Data (DCE), lihat RS-232C .

Data Circuit Equipment
Data Circuit Equipment (DCE) adalah perangkat yang terletak antara Data Terminal Equipment dan Data Circuit Transmisi .  Hal ini juga disebut peralatan komunikasi data dan operator peralatan data.

DCE melakukan fungsi seperti sinyal konversi, coding , dan garis clocking dan dapat menjadi bagian dari peralatan DTE. 

Meskipun istilah yang paling sering digunakan adalah RS-232 , nammun DTE dan DCE merupakan standar dari Peralatan Komunikasi Data yang kedua peralatan tersebut saling berkomunikasi.  Nama peralatan yang menggunakan peralatan standar ini adalah sbb:

•     Federal Standard 1037C , MIL-STD-188
•     RS-232
•     Beberapa ITU-T standar dalam seri V (terutama V.24 dan V.35)
•     Beberapa ITU-T standar dalam seri X (terutama X.21 dan X.25)

Ketika dua perangkat, DTE dan DCE harus dihubungkan bersama tanpa modem atau media penerjemah, maka harus digunakan kabel  crossover, seperti modem null untuk RS-232 atau Ethernet .



Customer Premises Equipment
Pelanggan tempat peralatan (CPE) adalah telepon atau layanan penyedia peralatan lain yang terletak di tempat (lokasi fisik) pelanggan daripada di tempat penyedia atau di antara. Telepon handset, kabel TV set-top box es, dan router Digital Subscriber Line adalah contoh. Secara historis, istilah ini disebut peralatan yang ditempatkan di akhir pelanggan saluran telepon dan biasanya dimiliki oleh perusahaan telepon. Hari ini, hampir semua peralatan pengguna akhir dapat disebut premis peralatan pelanggan dan dapat dimiliki oleh pelanggan atau oleh penyedia.


Sumber :  http://internetisme.wordpress.com/2011/07/07/topologi-fisik-jaringan-komputer/
               http://searchnetworking.techtarget.com/definition/DTE
               http://blog.unsri.ac.id/mona/tugas-ccna/pengertian-berbagai-peralatan-yang-digunakan-dalalm- sebuah-central-office/mrdetail/11649
               http://searchnetworking.techtarget.com/definition/customer-premises-equipment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar