Senin, 13 Juni 2011

Monitor LCD

Tampilan kristal cair (Inggris: Liquid Crystal Display) juga dikenal sebagai LCD adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan di berbagai bidang misalnya dalam alat-alat elektronik seperti televisi, kalkulator ataupun layar komputer. Kini LCD mendominasi jenis tampilan untuk komputer desktop maupun notebook karena membutuhkan daya listrik yang rendah, bentuknya tipis, mengeluarkan sedikit panas, dan memiliki resolusi tinggi.
Pada LCD berwarna semacam monitor, terdapat banyak sekali titik cahaya (piksel) yang terdiri dari satu buah kristal cair sebagai sebuah titik cahaya. Walau disebut sebagai titik cahaya, kristal cair ini tidak memancarkan cahaya sendiri. Sumber cahaya di dalam sebuah perangkat LCD adalah lampu neon berwarna putih di bagian belakang susunan kristal cair tadi.
Titik cahaya yang jumlahnya puluhan ribu bahkan jutaan inilah yang membentuk tampilan citra. Kutub kristal cair yang dilewati arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan magnetik yang timbul dan oleh karenanya akan hanya membiarkan beberapa warna diteruskan sedangkan warna lainnya tersaring.

Bagian Bagian LCD Monitor

Bagian bagian LCD monitor menurut pengalaman yang saya ketahui, mungkin berbeda dengan kenyataan di lapangan. LCD Monitor terdiri dari bagian-bagian penting, yaitu:

Panel
Nggak tahu nama yang sebenarnya apa, kalau di pabrik saya biasa menyebutnya panel. Di dalam panel ini terdapat (1)backlight, (2)sejenis crystal kalau bosku menyebutnya 'aklik', (3)lampu, (4)beberapa lapisan dari plastik untuk mengatur kecerahan cahaya yang di hasilkan lampu, sebelum di pantulkan ke layar sehingga di dapat kecerahan yang tepat, (5)dan tentu saja bingkai panel yang terbuat dari plastik dan alumunium.

Inverter Board
Merupakan rangkaian yang berisi dua atau lebih trafo step-up dan beberapa komponen lain seperti IC, transistor, capasitor, dan resistor yang fungsinya untuk membangkitkan/menaikkan tegangan tinggi untuk menghidupkan lampu yang ada di dalam panel tadi.

Video Board/Program Board
Bagian video dan program menyatu dalam satu PCB
Video board sebagian besar terdiri dari IC video yang mengolah sinyal video analog yang berasal dari VGA PC. Dari video board, kemudian sinyal video akan di teruskan ke dalam blok PCB yang menyatu di dalam panel, (blok ini berfungsi seperti blok horizontal dan vertical pada monitor CRT). Dari sinilah dihasilkan gambar yang tampil pada layar LCD.
Program board berisi IC program yang mengatur kerja semua rangkaian LCD Monitor, seperti kalibrasi, pengaturan kontrol menu OSD, dan juga memori penyimpanan warna. Seperti processor pada PC. Pada program board juga mengolah H sync dan V sync dari kabel signal dan diteruskan ke bagian blok video.

Power Supply
Berisi trafo step-down yang mengubah tegangan AC menjadi DC, yang dipakai untuk mensupply semua bagian LCD. Tegangan output pada umumnya 12volt dan 5volt DC.
Pada model-model tertentu LCD monitor menggunakan external adaptor.

Kabel Signal
Menghubungkan data dan sinyal dari VGA PC ke LCD monitor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar